Taman Bungkul Raih Penghargaan PBB

Posted by Al Zaitun on 23.21 with No comments

Taman Kota Surabaya

Warga Kota Surabaya pantas berbangga dengan prestasi kotanya yang bergelar Kota Pahlawan ini, mendapatkan penghargaan prestisius berskala internasional. Salah satu taman di Kota Surabaya yakni Taman Bungkul, meraih penghargaan dari PBB berupa "The 2013 Asian Townscape Sector Award".

Penghargaan yang diserahkan Mr. Sato Fukasawa selaku representative UN - HABITAT''s Regional Office for Asia and the Pacific) dan Mr. Masaru Sato selaku president of Asia Townscape Design Society.

Kelebihan Taman Bungkul yang tidak dimiliki taman-taman lainnya di seluruh Indonesia yakni fungsi sosial, budaya, rekreasi dan pendidikan. Penilaian tersebut dilakukan selama satu tahun.

“The 2013 Asian Townscape Sector Award” tersebut mendapat dukungan dari empat organisasi dunia yakni UN Habitat Regional Office for Asia and The Pacific, Asia Habitat Sociaety, Asia Townscape Design Society dan Fukuoka Asia Urban Research Center.

Sebelumnya, kondisi taman yang menempati lahan seluas 900 meter persegi, kurang menarik. Di tahun 2006, Pemkot Surabaya membangun kembali Taman Bungkul. Kini, setelah sembilan tahun, Taman Bungkul telah memenuhi kebutuhan wisata warga Surabaya maupun di luar Surabaya.

Taman Bungkul bukan hanya taman pasif berupa pepohonan, bunga ataupun air mancur. Tetapi juga ada fasilitas jogging track, taman bermain anak, akses internet nirkabel, amfiteater, arena skateboard, dan perpustakaan. Termasuk juga tempat pembelajaran untuk pengolahan air dan pengolahan sampah.

Di taman yang tak pernah sepi pengunjung itu juga terdapat makam Ki Supo atau yang dikenal dengan sebutan Sunan Bungkul. Ki Supo merupakan salah satu ulama Majapahit dan masih terhitung saudara ipar Raden Ahmad Rahmatullah atau Sunan Ampel.

Penghargaan prestisius ini, sampai tahun lalu, banyak dimenangkan oleh kota-kota besar di China, Jepang, dan Korea Selatan. Kemudian Ibukota Thailand dan Singapura telah mendapatkan penghargaan satu kali. Dan tahun ini, dua negara baru yang mendapatkan penghargaan ATA, yaitu Vietnam dan Indonesia. Khusus untuk Indonesia diwakili oleh kota Surabaya dengan Taman Bungkulnya.

Taman Bungkul mendapatkan penghargaan dalam kategori Taman Kota yang didedikasikan untuk masyarakat. Tempat ini terasa nyaman untuk daerah tropis. Di mana, anak muda dan warga kota bisa memanfaatkannya untuk bersantai, dan berolahraga serta bahkan belajar bersama. Taman ini, dianggap semakin lama semakin populer di masyarakat

Taman ini dianggap menarik karena dapat menjaga harmonisasi antara pemanfaatannya dengan keindahan desain dan lingkungan yang asri.